Laman

Thursday, October 8, 2015

9 Manfaat Hebat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

9 Manfaat Hebat Jalan Kaki Untuk Kesehatan
Aktivitas berjalan kaki yang sering banyak orang anggap sepele, ternyata memiliki banyak manfaat.
Menurut seorang peneliti arthritis di Inggris, Benjamin Ellis, berjalan kaki 30 menit mampu menjaga persendian. Dan itu salah satu fakta dari manfaat jalan kaki sendiri.

Keefektifan dari berjalan kaki juga mampu mencegah penyakit seiring bertambahnya usia. Lebih dari 600 otot dan juga 200 tulang berkerja ketika seseorang berjalan. Jadi, dalam mengurangi lemak tubuh, jalan kaki adalah pilihan yang terbaik. Konsisten merupakan hal yang sangat penting dalam menyehatkan tubuh. Bila Anda tidak sering melakukan jalan kaki, hasil signifikan dalam tubuh tidak akan tampak.

Pengetahuan akan manfaat dari jalan kaki sangat perlu diketahui oleh khalayak ramai, berikut adalah 9 manfaat jalan kaki:

  1. Terhindar dari Osteoporosis, bagi orang lanjut usia aktivitas jalan kaki akan sangat membantu menyehatkan tubuh. Apalagi bila seseorang yang akan menginjal usia tua, berjalan kaki lebih dari 30 menit, dipagi hari dengan sinar matahari secara rutin, dapat mencegah penyakit osreoporosis. Setidaknya tulang bisa bertahan lama dari osteoporosis.
  2. Menguatkan Otot, telah diketahui sebelumnya, berjalan kaki memerlukan 600 otot dan juga 200 tulang. Jalan kaki secara rutin pastinya akan menguatkan otot-otot tubuh.
  3. Menurunkan Berat Badan, memiliki tubuh gemuk atau mengalami obesitas risiko terkena penyakit dapat meningkat. Dengan berjalan kaki secara rutin perlahan berat tubuh dapat menurun, dan terapkan juga pola makan sehat.
  4. Dapat Mengendalikan Gula Darah, hasil penelitian American Medical Association mengenai jalan kaki menunjukan bahwa, orang yang berjalan kaki setiap hari dapat mengontrol gula darah lebih baik sepanjang harinya.
  5. Menjaga Kesehatan Jantung, penyakit yang berhubungan dengan jantung pastilah sangat menakutkan, salah satunya serangan jantung. Organ vital ini dapat kita pelihara dengan berjalan kaki setiap hari, keuntungannya dapat terhindari berbagai penyakit.
  6. Melancarkan Peredaran Darah, dengan berjalan kaki secara rutin, kerja jantung akan maksimal. Dan itu dapat sangat menguntungkan, karena darah terpompa dengan baik keseluruh tubuh. Penyakit kardiovaskular pun dapat terhindari.
  7. Mencegah Stroke, risiko terkena stroke dapat ditekan dengan rutin berjalan kaki, setidaknya mampu menurunkan serangan stroke sebanyak 2/3 kali. Dan masukan juga buah-buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari.
  8. Menjaga Kebugaran dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh, sudah pasti dengan keluarnya keringat, hal-hal yang dapat merugikan tubuh keluar bersama dengan keringat. Sistem kekebalan tubuh juga dapat meningkat seiring tubuh terus menerus bergerak.
  9. Tingkatkan Metabolisme, pembakaran kalori akan lebih banyak ketika kita bergerak, apalagi berjalan. Untungnya, tingkat metabolisme tubuh kita meningkat.
Ada banyak sekali manfaat jalan kaki untuk kesehatan, dan 9 pokok diatas hanya sebagian dari puluhan manfaat lainnya. 

Mendapatkan tubuh yang sehat, bukan hanya dengan melakukan olah tubuh saja. Namun, beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi tubuh kita, misalnya pikiran, pikiran yang selalu positif dapat membantu kesehatan tubuh.

Image courtesy of FOTSHOT at pixabay.com
(Sumber: health.kompas.com, manfaat.co.id)

No comments:

Post a Comment