Laman

Sunday, August 10, 2014

Penyebab Sakit Kepala Saat Olahraga

Sebagian besar masyarakat pasti pernah mengalami sakit kepala pada saat berolah raga. Dan tentunya rasa sakit tersebut bisa terjadi diseluruh bagian kepala, mulai dari bagian kepala depan, tengah kepala atau ubun-ubun, sampai kebagian tengkuk.

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala atau chepalgia ini, dan itu bisa berasal dari organ-organ yang ada dalam bagian kepala, mungkin itu otak, mata, hidung, telinga, pembuluh darah, dan bisa juga otot.

Gangguan organ lain yang dapat memicu sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi bisa menjadi pemicu sakit kepala karena si jantung memompa darah telalu kuat, akibatnya pembuluh darah pada otak menekan jaringan otak. Sering terjadi juga penyakit sakit kepala ini diderita oleh orang yang mempunyai tekanan darah rendah. Hal tersebut bisa terjadi karena jantung tidak bisa menyuplai cukup oksigen dan darah ke otak sehingga otak tidak bisa berkerja secara normal.
  • Demam dan sakit kepala bisa dikarenakan infeksi pada telinga
  • Kekurangan tiduk juga bisa menjadi penyebab sakit kepala
  • Infeksi pada sinus dapat menyebabkan migrain
  • Flu dengan gejala sakit kepala, pilek juga dapat memicu sakit kepala
  • Gangguan pada mata bisa menyebabkan sakit kepala
  • Posisi tubuh yang kurang tepat pada saat olahraga bisa berpotensi menyebabkan sakit kepala

Pada saat olahraga fisiologis tubuh seseorang dapat berubah seperti aliran darah menjadi lancar, mengkatnya tekanan darah, suhu tubuh meningkat dan tubuh kekurangan cairan.

Dampak dari perubahan organ tubuh secara keseluruhan tersebut menyebabkan nyeri otot, kelelahan hingga sakit kepala. Jenis olahraga yang melatih daya tahan, seperti berlari jarak jauh dengan cepat. Dan bila kelelahan, maka jantung tidak akan cukup memompa darah ke otak, sehingga otak kekurangan oksigen yang menimbulkan sakit kepala.

Kelelahan fisik dan juga sters bukan satu-satunya penyebab sakit kepala. Udara yang kita hirup juga bisa menjadi pemicu sakit kepala bila kulitas udaranya tidak sehat. Terutama bagi Anda yang sering berolahraga diluar ruangan.

Kekurangan nutrisi
Selain pemicu sakit kepala yang dijelaskan diatas keterlambatan mengkonsumsi asupkan makanan juga bisa berakibat timbulnya sakit kepala. Hal tersebut karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah, yang kemudian mendorong sakit kepala. Nutrisi seperti karbohidrat sebagai sumber energi menjadi sangat penting sebelum melakukan olahraga.

Jadi konsumsilah makanan yang berkarbohidrat dan berprotein 30 menit sebelum olahraga.

No comments:

Post a Comment